Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Staff PPIC : Pengertian, Tugas, Gaji dan Tanggungjawab di Perusahaan

Konten [Tampil]

Staff PPIC ialah kepanjangan dari Production Planning Inventory Control, mempunyai Peranan Planning dalam industri( manufacture) dilakukan oleh orang yang memduduki kedudukan selaku staff PPIC( Production Planning and Inventory Control). Disamping mempunyai guna production planning, PPIC pula mempunyai andil dalam manajemen Inventory.

Inventory ataupun benda bekal ialah peninggalan industri yang berbentuk bekal materi dasar atau raw material, beberapa barang lagi dalam cara penciptaan, serta beberapa barang yang dipunyai buat dijual. Karena inventory ditaruh di gudang, hingga manajemen inventory serta gudang amat berhubungan.

staff ppic

Tugas dan Tanggungjawab Staff PPIC

Pada Biasanya Staff Production Planning and Inventory Control mempunyai kewajiban serta tanggung jawab selaku selanjutnya:

  1. Memimpin serta bertanggung jawab buat aktivitas profesi di Bagian PPIC serta Bagian Gudang. Job kegiatan di PPIC tercantum pengaturan bekal, pengaturan penciptaan pemograman, serta pengawasan pengiriman. Job kegiatan di gudang, tercantum materi yang masuk, penyimpanan, penyediaan, serta pengiriman.
  2. Membuat konsep aktivitas tahunan serta penganggaran buat dasar Unit PPIC pada konsep bidang usaha industri.
  3. Membuat informasi aktivitas. Informasi ini di informasikan pada Maksimum Management di Management Review bulanan.
  4. Bertanggung jawab buat Program Penurunan Biaya di Unit PPIC.
  5. Bertanggung jawab buat koreksi selalu di Unit PPIC.
  6. Bertanggung jawab buat pengembangan pangkal energi orang di Unit PPIC.

Pekerjaan Staff PPIC di Perusahaan Manufaktur

Pada biasanya, Staff Production Planning and Inventory Control mempunyai tugas ialah selaku selanjutnya.

1. Sediakan Bahan Jadi

Staff PPIC wajib sediakan benda yang telah jadi pas durasi serta wajib cocok dengan permohonan dari regu marketing. Sebab benda yang telah jadi itu hendak disalurkan oleh regu marketing pada pelanggan. Jadi benda yang diserahkan pada mereka wajib pas serta cermat.

2. Meninjau Forecast dari Marketing

PPIC pula hendak memperoleh informasi forecast dari regu marketing yang esoknya akan mereka tinjau. Dari informasi itu, staff PPIC dapat merancang cara penciptaan yang berikutnya akan dilakukan. Alhasil barang yang telah dibuat mempunyai mutu ataupun jumlah yang lebih bagus.

3. Membagi serta Membenarkan Kebutuhan Produksi

Staff PPIC pula bekerja buat membagi bermacam perihal buat kebutuhan penciptaan semacam material yang diperlukan oleh cara penciptaan. Seluruh keinginan mulai dari cara penciptaan sampai bahan jadi wajib diperhitungkan dengan bagus oleh staff PPIC.

Staff PPIC wajib dapat membenarkan kalau material yang diperlukan buat kebutuhan penciptaan terkabul.

4. Memastikan Mutu Produk

Staff QC pula wajib membenarkan telah melaksanakan Quality Control saat sebelum benda dikirimkan. Sebab benda yang telah jadi wajib di lihat terlebih dulu biar mutu produknya aman.

5. Menjadwal Cara Produksi

Staff PPIC wajib dapat membenarkan bila cara penciptaan wajib berjalan cocok dengan agenda yang sudah diresmikan lebih dahulu.

Syarat-Syarat Menjadi Staff PPIC

Ada pula syarat- syarat itu antara lain:

  1. Memiliki keahlian berhitung( matematika) yang bagus.
  2. Memiliki keahlian pc( paling utama Ms Excel) dengan bagus.
  3. Memiliki keahlian akal sehat dengan cara bagus, senang menganalisa.
  4. Memiliki visi, keahlian analisa serta dilema solving permasalahan dengan bagus.
  5. Cekatan, giat, jujur serta dapat di yakin.
  6. Memiliki keahlian komunikasi lisan serta catatan dengan bagus.
  7. Menggemari tantangan, kuat kepada pressure profesi.
  8. Sanggup bertugas dengan cara mandiri ataupun berkolaborasi dengan orang lain di dalam serta di luar team.

Ketentuan spesial ialah memiliki kepatuhan serta tanggung jawab yang besar kepada profesi.

  1. Suka bertugas serupa serta berjiwa negosiator.
  2. Mengerti kepada alur sistem produksi( ketentuan spesial).

Kenapa seseorang PPIC wajib mengerti serta paham mengenai sistem alur produksi? Sebab tugas PPIC merupakan mengaitkan serta memadankan profesi antara satu bagian dengan bagian yang lain supaya bersinergi alhasil output yang di menghasilkan dapat di cara jadi benda jadi di bagian akhir assembly.

Bila ia tidak paham serta menguasai system serta alur produksi hingga cara produksi hendak jadi berhamburan serta rancu.

Buat dapat menguasai sistem serta alur produksi dengan bagus memanglah tidak dapat dengan cara kilat dapat di jalani oleh tiap orang, sepintar serta sepandai apapun orang itu. Di perlukan durasi buat berlatih mengenai perihal itu paling utama untuk pegawai yang terkini masuk di industri.

Manfaat PPIC buat Perusahaan

Manfaat PPIC staff

PPIC amat diperlukan oleh industri untuk kelancaran produksi alhasil logistik produk berjalan dengan mudah. Selanjutnya merupakan manfaat PPIC buat industri:

  1. Cara produksi berjalan dengan mudah alhasil logistik produk dapat terkabul dengan bagus.
  2. Semua inventaris yang berhubungan dengan produksi terpelihara dengan bagus alhasil tidak hendak membatasi cara produksi.
  3. Persediaan bahan dasar dapat terkendali.
  4. Pengeluaran dapat terkendali sebab manajemen pasokan berjalan dengan cara efisien.
  5. Return on Assets ataupun ROA bertambah sebab produksi industri pula bertambah.
  6. Perhitungan industri dapat dikontrol buat bagian produksi.
  7. Bagian marketing serta sales bekerja dengan maksimum sebab cara produksi berjalan mudah serta persediaan bahan dasar serta produk terkendali dengan bagus.

Keterampilan yang Diperlukan Pegawai PPIC

Bila kalian mau jadi PPIC staff, kalian wajib mempunyai sebagian keterampilan yang bisa mendukung kinerjamu. Keterampilan yang diperlukan buat jadi staff PPIC merupakan selaku selanjutnya:

  1. Keahlian analisa yang besar buat dapat memastikan produksi benda dengan bagus.
  2. Keahlian manajemen resiko buat meminimalisir kekeliruan sepanjang cara pengawasan produksi.
  3. Keahlian perundingan yang bagus sebab PPIC staff wajib melaksanakan dialog dengan bermacam wujud dari bermacam bagian buat mendukung kesuksesan tugas.
  4. Keahlian membongkar permasalahan alhasil dapat langsung paham apa yang wajib dicoba bila terdapat issue yang terjalin sepanjang produksi.
  5. Keahlian berbicara yang bagus alhasil tidak terdapat kesalahpahaman kala melaksanakan perundingan ataupun komunikasi dengan bagian lain.
  6. Perinci oriented alhasil senantiasa cermat kepada keadaan sesederhana apa juga biar tidak terdapat missed dalam tanggung jawab.
  7. Mempunyai tindakan kepemimpinan yang baik alhasil dapat menyudahi buat melaksanakan apa dalam bekerja.

Cara MeningkatkanKemampuan PPIC

Cara Meningkatkan kemampuan PPIC staff

Dengan terus menjadi melonjaknya teknologi di era saat ini, pemograman produksi serta pengawasan kepada pasokan tidak lagi dicoba dengan buku petunjuk. PPIC staff dapat memakai ERP dalam mendukung profesinya.

ERP ataupun Enterprise resource planning merupakan sistem data yang dipakai buat melaksanakan badan dengan cara otomatis sesuatu cara bidang usaha. ERP pasti saja dapat dipakai buat melaksanakan integrasi cara produksi.

Selanjutnya merupakan keringanan dalam memakai ERP untuk PPIC staff alhasil kinerjanya bertambah:

  1. Pengagendaan cara produksi dapat dicoba dengan cara otomatis alhasil lebih gampang dicoba serta dikontrol.
  2. Perencanaan bahan dasar serta pengecekannya dapat berjalan dengan lebih efisien serta berdaya guna.
  3. ERP hendak membagikan pemberitahuan kala persediaan bahan dasar habis alhasil PPIC staff dapat langsung memahaminya serta melaksanakan perbuatan lanjut.
  4. Memudahkan alat pemantau persediaan dengan cara langsung cocok dengan keinginan customer alhasil dapat dengan gampang memastikan jumlah bahan dasar buat dibuat.
  5. Dapat melaksanakan pengagendaan buat memeriksa perlengkapan produksi dengan cara otomatis.
  6. Melaksanakan pemesanan bahan dasar ke pemasok dengan cara otomatis.
  7. Informasi inventaris dapat diperiksa dengan cara gampang alhasil analisa informasi dapat dicoba dengan cara kilat.

Standar Pendapatan PPIC Staff

Bila kalian mau jadi PPIC staff, namun belum mempunyai pengalaman, kalian dapat melamar selaku entry tingkat. Seseorang PPIC staff di entry tingkat hendak memperoleh pendapatan dekat Rp3.500.000 sampai Rp4.500.000.

Dikala esoknya kalian telah mempunyai pengalaman serta kemampuan yang bagus, kalian hendak memperoleh advertensi di posisi yang lebih besar, apalagi sampai tingkat manager. Umumnya, buat posisi manager di bagian PPIC, pendapatan yang diperoleh berkisar Rp10.000.000– Rp15.000.000.

Posting Komentar untuk "Staff PPIC : Pengertian, Tugas, Gaji dan Tanggungjawab di Perusahaan"