Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IT Support adalah: Pengertian, Tugas dan Kewajibannya Serta Skill yang Harus Dimiliki

Konten [Tampil]

Teknologi merupakan salah satu bidang penyedia lowongan kerja paling banyak dikala ini. Salah satu pekerjaan di bidang teknologi yang lagi sangat digemari merupakan IT support. Sama seperti namanya, IT support merupakan orang yang berfungsi menolong membongkar bermacam permasalahan teknologi yang dipunyai perusahaan.

Tetapi, lebih detilnya, apa itu IT support? Apa saja tugas serta tanggung jawabnya? Berapa sih pendapatan IT support di Indonesia? Ikuti uraian lengkapnya di dasar ini.

IT Support adalah: Pengertian, Tugas dan Kewajibannya Serta Skill yang Harus Dimiliki

Apa Itu IT Support?

Secara definitif, pengertian IT support merupakan seorang ataupun sesuatu regu yang bertugas jadi pelaksana serta pemelihara sistem data teknologi dalam suatu perusahaan.

Sebagian perihal yang tercantum dalam tanggung jawab IT support merupakan sistem intra- koneksi perusahaan, yang meliputi LAN, internet, database, serta sebagainya. Tidak hanya itu, IT support pula bertanggung jawab ke hal- hal yang berkaitan dengan jaringan serta teknologi, seperti modem, pc, kabel, serta masih banyak lagi.

Perbedaan IT Support serta Programmer

IT support adalah profesi IT support kerap disangka sama dengan programmer sebab bersama bekerja dengan pc. Sementara itu pekerjaan keduanya berbeda. Programmer merupakan orang yang sanggup menuntaskan permasalahan serta menghasilkan produk memakai bahasa pemrograman seperti HTML, Java, PHP, serta lain- lain.

Sedangkan itu, IT support berfungsi buat melaksanakan maintenance fitur lunak serta keras dari sisi pengguna. Bila pengguna dalam perusahaan hadapi keluhan dalam pemakaian laptop, IT support merupakan orang awal yang dicari.

Baca Juga: Siapa itu Staff PPIC?

Job Desk IT Support

Dari pengertian IT support yang dibahas lebih dahulu, pasti kalian telah sedikit memperoleh cerminan seperti apa tugas IT support. Akan namun, biar lebih jelas, di dasar ini ada rincian poin- poin tugas seseorang IT support perusahaan:

  1. Membenarkan pc yang digunakan bisa berperan wajar/ berjalan seperti sepatutnya.
  2. Wajib membenarkan kalau seluruh pc yang digunakan oleh pengguna tersambung ke jaringan.
  3. Melaksanakan pengecekan bila aplikasi- aplikasi yang dipakai berfungsi
  4. Cek serta pembaharuan sistem pembedahan serta aplikasi yang dijalankan oleh pengguna.
  5. Bertugas melaksanakan backup terhadap seluruh informasi supaya nyaman serta bila sistem hadapi kendala, kalian butuh restore informasi dari backup system yang terdapat.
  6. Bertanggung jawab terhadap mesin pendukung semacam printer, scanner serta lain sebagainya.
  7. Menjadi pihak yang ikut melindungi keamanan sistem melalui bermacam tools seperti scanning dengan antivirus serta lain sebagainya.
  8. Melaksanakan pengaturan terhadap browser yang digunakan.
  9. Bertugas pula buat cek serta perbaiki apabila sewaktu- waktu terdapat permasalahan pada jaringan pc.

6 Keahlian IT Support yang Wajib Dimiliki

Bila kalian berminat mencari lowongan kerja IT support, sembari mempersiapkan CV, terdapat sebagian skill ataupun keahlian yang butuh kalian kuasai. Sepenuhnya tentang keahlian IT support merupakan selaku berikut:

1. Memahami Sistem Operasi

Keahlian IT support yang awal merupakan memahami sistem pembedahan. Perihal yang butuh kalian kuasai merupakan cara pemasangannya sampai pengoperasiannya.

2. Ketahui serta Memahami Sistem Jaringan

Kemampuan terhadap sistem jaringan pula tercantum skill wajib yang wajib dipunyai seseorang IT support. Kalian wajib paham gimana sistem jaringan kabel ataupun nirkabel.

3. Memahami Program Komputer

Selaku orang yang akan diandalkan dalam seluruh urusan pc, kalian pula wajib memahami pemrograman pc. Kalian wajib ketahui jenis- jenis program pc, gunanya, cara pemasangannya, pengoperasiannya, sampai gimana cara menanggulangi perkaranya.

4. Penindakan Virus serta Malware

Seperti yang kita ketahui, pc rentan terhadap virus serta malware. Nah, telah jadi tugas IT support buat mengatasinya. Sebab seperti itu, kalian pula wajib mempunyai keahlian menanggulangi virus serta malware.

5. Mengenali Permasalahan Pc dengan Cepat

Keahlian IT support yang tidak kalah berarti yang wajib dipahami merupakan keahlian buat mengenali permasalahan pada fitur dengan kilat. Terus menjadi kilat kalian dapat mengenali permasalahan serta mengatasinya, pasti akan terus menjadi kilat pengguna buat kembali bekerja.

6. Komunikasi

Teknisi IT wajib mengomunikasikan permasalahan teknis kepada pengguna dari bermacam golongan di perusahaan. Itu maksudnya mereka wajib sanggup menarangkan permasalahan serta revisi dengan cara yang gampang dimengerti tercantum ke orang yang katro. Keahlian komunikasi di mari, tidak cuma berdialog tetapi pula mendengar bermacam keluhan pengguna.

Baca Juga: Perbedaan HRD dan GA

Jenjang Karir IT Support

Pekerjaan IT support mempunyai jenjang karir yang baik. Kalian dapat mempunyai prospek karir jadi computer system analyst, network support specialist, pula tercantum help desk analyst.

Kabar Kisaran Pendapatan IT Support di Indonesia

Permasalahan pendapatan IT support jadi salah satu yang kerap ditanyakan. IT support pendapatan kisarannya merupakan UMR kota tiap- tiap sampai Rp6.000.000 hingga Rp7.000.000. Pastinya pendapatan ini dapat lebih besar tergantung organisasi ataupun perusahaan tertentu. Tidak hanya itu, pendapatan pula dapat tergantung pada keahlian ataupun beratnya tugas yang diemban.

Perusahaan Apa Saja yang Memerlukan IT Support?

Nyaris seluruh perusahaan memerlukan tenaga teknis di bidang IT. Terlebih dikala ini terus menjadi banyak perusahaan serta bisnis yang mengimplementasikan IT, maksudnya teknisi IT support terus menjadi diperlukan.

Berikut ini perusahaan- perusahaan yang memerlukan bidang pekerjaan tersebut:

  1. Perusahaan software
  2. Perbankan serta finansial
  3. Elektronik
  4. Perusahaan UKM serta bisnis besar yang telah mengimplementasikan IT dalam bisnisnya
  5. Sekolah serta universitas
  6. Organisasi publik

Seperti itu bahasan lengkap tentang apa itu IT support, tugas, job desk, ketentuan keahlian, serta kisaran rata- rata pendapatan IT support di Indonesia! Sehabis ketahui data tersebut, apakah kalian terus menjadi tertarik berkarir selaku seseorang support teknologi perusahaan.

Posting Komentar untuk "IT Support adalah: Pengertian, Tugas dan Kewajibannya Serta Skill yang Harus Dimiliki"